Regional News

Membuang Sampah Juga Perlu Diberikan Edukasi

SEMARANG, Isafetymagz – Perilaku membuang sampah ternyata harus diedukasi secara benar terutama bagi anak-anak usia dini. Membuang sampah tidak sekadar pada tong sampah, melainkan perlu memahami mana tempat sampah organik, non-organik serta sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Hal tersebut disampaikan Dani Yustiadi dari LSM Bina Karta Lestari  (Bintari) Semarang saat menyampaikan paparan pada sosialisasi pengolahan sampai di SMP Islam Terpadu Pengajian Ahad Pagi Bersama (PAPB) di Jl. Panda Barat 44 Palebon Pedurungan, Semarang, Minggu (18/3).

Menurut dia selama ini tak sedikit anak sekolah yang kurang memperhatikan pemilahan pembuangan sampah ini meski di tempat sampah sudah ditulisi sampah non-organik, organik dan B3. Kondisi demikian disebabkan, masih minimnya pemahaman kegunaan pemilahan jenis sampah tersebut.

”Perlu diinfikan ke siswa bahwa bila bijak mengolah sampah organik akan bisa dibuat kompos dan kerajinan dari daun. Sedangkan dari sampah non-organik, bisa didaur ulang menjadi barang yang mempunyai nilai. Bahkan bisa dijual setelag diolah menjadi kerajinan kreatif,” jelasnya.

Oleh sebab itu, sambung dia, perlu dukungan dari seluruh guru maupun orang tua siswa untuk memberikan pemahaman kepada anak didik. Dengan demikian, ketika sudah memahami proses dan kegunaan sampah yang dipilahkan maka ke depan mereka akan secara sadar membuang sampah ke tempat sesuai jenisnya. ”Jadi, tidak asal lempar ke tempat sampah,” ujarnya.

Panitia kegiatan Ma’rifah mengatakan acara ini bagian dari memperingati Hari Peduli Sampah yang diikuti oleh siswa-siswi kelas VII dan VIII. Kegiatan lain adalah jalan sehat sembari mengambil sampah sepanjang rute jalan sehat.

Kepala Sekolah SMP IT PAPB Ramelan mengatakan perilaku bersih dan membuang sampah pada tempatnya harus menjadi budaya. ”Saat kita di rumah, di sekolah atau dimana saja, membuang sampah harus pada tempatnya sebagai bukti cinta kepada lingkungan,” tandasnya.

Sumber : suaramerdeka.com

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button