Regional News

Polisi Olah TKP untuk Mengetahui Penyebab Kebakaran di Pabrik Mercon

JAKARTA, ISAFETYMAGZ – Polisi menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di pabrik mercon yang meledak di Kosambi, Kabupaten Tangerang, Jumat (27/10/2017).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, olah TKP itu dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti kebaran di pabrik tersebut.

“Hari ini ada dilaksanakan olah TKP, jadi dari Labfor dengan Inafis, kemudian dengan penyidik melakukan oleh TKP di lokasi kebakaran. Artinya bahwa di sana nanti dari penyidik dan Labfor akan memeriksa secara ilmiah secara scientific berbarengan dengan penyebab daripada kebakaran itu,” ujar Argo.

Selain melakukan olah TKP, lanjut Argo, penyidik juga telah memeriksa tujuh orang saksi yang mengetahui peristiwa tersebut.

Baca juga : Saya Enggak Tahu Itu Pabrik Mercon, kalau Tahu Saya Tidak Bolehin…

Personel Kepolisian Polda Metro Jaya mengevakuasi jenazah korban kebakaran pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Banten, Kamis (26/10/2017). Kebakaran yang diduga akibat dari ledakan salah satu tempat pembuatan kembang api yang baru beroperasi dua bulan ini menewaskan setidaknya 47 orang karyawan dan puluhan lainnya terluka bakar. Personel Kepolisian Polda Metro Jaya mengevakuasi jenazah korban kebakaran pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Banten, Kamis (26/10/2017). Kebakaran yang diduga akibat dari ledakan salah satu tempat pembuatan kembang api yang baru beroperasi dua bulan ini menewaskan setidaknya 47 orang karyawan dan puluhan lainnya terluka bakar.

Personel Kepolisian Polda Metro Jaya mengevakuasi jenazah korban kebakaran pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Banten, Kamis (26/10/2017). Kebakaran yang diduga akibat dari ledakan salah satu tempat pembuatan kembang api yang baru beroperasi dua bulan ini menewaskan setidaknya 47 orang karyawan dan puluhan lainnya terluka bakar. (ANTARA FOTO / MUHAMMAD IQBAL)

“Tentunya nanti kita akan dipadukan dengan olah TKP nanti kira-kira dimulai di lokasi apa ledakan pertama, kemudian seperti apa ya di situ,” kata Argo.

Pabrik mercon milik PT Panca Buana ini meledak pada pukul 09.00 Kamis (26/10/2017). Pihak pemadam baru tiba pukul 10.30 dengan sebelas mobil pemadam.

Baca juga : Kapolres Sebut Pintu Pabrik Mercon Tidak Terkunci saat Kebakaran

Saat itu, kondisi gerbang terkunci. Untungnya, warga setempat sempat membobol tembok gudang untuk menyelamatkan para karyawan yang terjebak di dalam. Api berhasil dipadamkan pada pukul 12.00 WIB.

Kondisi gudang mercon yang terbakar di Tangerang, Jumat (27/10/2017).
Kondisi gudang mercon yang terbakar di Tangerang, Jumat (27/10/2017).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

Berdasarkan data sementara ada 103 pekerja yang berada dalam pabrik tersebut. Sebanyak 47 di antaranya ditemukan tewas, sementara 46 orang lainnya mengalami luka-luka.

Baca juga : Gedoran Pintu dan Jeritan Minta Tolong dari Dalam Pabrik Mercon

source: kompas.com

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 1 =


Back to top button
Close
Close