Education

Manfaat Zoss dan Rass Untuk Pengguna Jalan

Manfaat Zoss dan Rass Untuk Pengguna Jalan

Zoss dan Rass isafetynews
zoss dan rass photo : dishubkominfo.pontianakkota.go.id

ISAFETYNEWS- Apakah Saudara pernah melihat barisan polisi tidur berwarna putih di sekitar jalan area sekolahan? Apakah Anda pernah melambatkan kecepatan kendaraan Saudara ketika melewati jalanan area sekolahan? Tahukah Anda apa nama rupa seperti polisi tidur itu ? Itu disebut pita penggaduh yang berada di area  Zona Selamat Sekolah (ZoSS). ZoSS adalah lokasi di ruas jalan tertentu yang merupakan zona kecepatan berbasis waktu untuk mengatur kecepatan kendaraan di lingkungan sekolah.

ZoSS merupakan hasil kebijakan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas dalam suatu ruas jalan area sekolah yang memiliki lalu lintas pejalan kaki anak sekolah yang cukup tinggi. Sekolah sebagaimana dimaksud adalah PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA.  Logikanya, anak-anak pada tingkat sekolah tersebut masih belum bisa dikategorikan mandiri secara 100% maka dengan adanya ZoSS melindungi mereka ketika ingin menyeberang jalan menuju sekolahan dan sebaliknya.

ZoSS dilengkapi dengan fasilitas perlengkapan jalan yang terdiri dari :

    marka jalan; terbagi menjadi beberapa warna yakni :
    marka berwarna putih;
    marka berwarna kuning; dan
    marka berwarna merah.
    rambu lalu lintas

Zoss dan Rass
Zoss dan Rass photo : instagram @isafetynews
Selain ZOSS ada yang namanya RASS (Rute Aman dan Selamat Sekolah). Kalau ZOSS berupaya bagaimana melindungi keselamatan anak-anak di lingkungan sekolahnya, maka RASS berupaya bagaimana caranya agar anak berangkat ke sekolah bisa tiba dengan selamat atau sebaliknya pulang dari sekolah ke rumahnya. Konsepnya berupa rekayasa lalu lintas seperti pembuatan trotoar bagi pejalan kaki, kawasan sepeda.
RASS merupakan program untuk mendorong murid dan orangtua murid untuk lebih memilih berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan angkutan umum sebagai pilihan moda yang selamat, aman, nyaman, dan menyenangkan untuk berangkat dan pulang sekolah dari kawasan sekitar pemukiman sampai dengan sekolah. Esensinya, untuk memastikan rute yang dilalui selamat.
Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 8 =


Back to top button
Close
Close